Perbandingan JPG dan JPEG

Sudahkah kamu tahu perbedaan JPG dan JPEG? Dua jenis ekstensi file ini memang sangat populer bagi pengguna smartphone maupun komputer/laptop karena ukurannya yang kecil. Ya, JPG dan JPEG memang memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan ekstensi file lainnya. Menariknya, kualitas gambar dengan ekstensi JPG dan JPEG masih terbilang apik.

JPG dan JPEG ternyata memiliki kepanjangan yang sama lho, yakni Joint Photographic Experts Group. Meski memiliki kepanjangan yang sama, keduanya juga memiliki perbedaan yang mendasar. Nah, kali ini kami akan membahas perbedaan JPG dan JPEG selengkapnya. Yuk simak sampai tuntas!

Perbedaan Paling Utama JPG dan JPEG

Mengutip dari situs Thelastsurvivors, di bawah ini kami jelaskan enam perbedaan JPG dan JPEG yang paling mendasar. Kami suguhkan penjelasan ini dalam bentuk tabel agar kamu lebih mudah memahaminya.

Pertanyaan PerbandinganJPGJPEG
Di Windows apa kita lebih sering menemukannya?JPG lebih sering ditemukan di PC yang mendukung Windows lama.JPEG lebih sering ditemukan di PC yang mendukung Windows baru.
Apa saja software/aplikasi editing yang mendukungnya?Beberapa software/aplikasi editing (terutama versi lama) mendukung penyimpanan ekstensi file JPG.Software/aplikasi editing versi baru seperti Photoshop, Photoscape dan Photos Pos Pro mendukung penyimpanan ekstensi file JPEG.
Apa kepanjangan dari kedua jenis ekstensi file itu?JPG memiliki kepenjangan Joint Photographic Experts Group.JPEG diambil dari nama lengkap perusahaan yang mencetuskan ekstensi file tersebut, yakni Joint Photographic Experts Group.
Huruf pemformatanTerdiri atas tiga huruf (JPG) sehingga mudah diingat.Terdiri dari empat huruf (JPEG) sehingga lebih sulit diingat, juga sulit dieja.
Ekstensi file mana yang paling populerJPG hingga saat ini lebih populer dibandingkan JPEG.JPEG kalah populer dengan JPG namun tidak sedikit orang yang menggunakan ekstensi file itu tanpa menyadarinya.
Bagaimana kualitas kedua ekstensi itu dan cara meningkatkannya?Kejernihan dan detail gambar apik dan dapat ‘disiasati’ dengan penambahan atau pengurangan ukuran.Kejernihan dan detail gambar dipengaruhi oleh pengaturan ukuran, jadi kamu bisa melakukan editing untuk meningkatkan kualitasnya.

Baca Juga: Apa itu Fitur Inbox Facebook? Ini Penjelasannya

Perbedaan JPG dan JPEG 2000

Setelah mengetahui perbedaan JPG dan JPEG melalui tabel di atas, sekarang kami tambahkan pembahasan tentang JPEG 2000. Pernahkah kamu mendengar ekstensi file bernama JPEG 2000?

Jika pernah, tahu tidak perbedaannya dengan JPG dan JPEG? Atau, baru kali ini kamu mengetahui? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

JPEG 2000 juga dikenal dengan nama JP2. Ekstensi file ini memang dicetuskan oleh perusahaan yang sama dengan JPG dan JPEG. Namun ketahuilah, JPEG 2000 berbeda dengan JPG maupun JPEG.

Mengingat JPEG 2000 masih termasuk ekstensi yang baru, maka ekstensi file ini mendapatkan sentuhan teknologi yang lebih canggih daripada generasi terdahulunya. Apa buktinya? JPEG 2000 terbukti dapat melakukan kompresi yang lossy dan lossless. Sementara JPG maupun JPEG hanya menawarkan kompresi lossy.

Sehingga, kami dapat menyimpulkan JPEG 2000 memiliki kualitas yang lebih apik dibandingkan generasi terdahulunya. Berikut beberapa perbedaan lainnya yang juga perlu kamu ketahui:

  • JPEG 2000 dapat melakukan kompresi yang lebih baik dari 20-200 persen daripada JPEG.
  • JPEG 2000 dapat menampilkan gambar dengan ukuran dan resolusi yang tidak sama dalam satu file yang sama.
  • JPEG 2000 mampu menangani 256 saluran informasi. Adapun JPEF terbatas untuk data RGB saja.

Itulah pembahasan tentang perbedaan JPG dan JPEG serta JPEG 2000. Sekarang kamu sudah tahu nih detail perbedaan dari ketiga jenis ekstensi file itu. Jadi, jangan ada alasan tidak tahu perbedaannya lagi ya!

Leave a Comment