6 Jenis Kertas untuk Sertifikat yang Umum Digunakan

Saat ini, banyak pelatihan ataupun lomba yang dilakukan secara online karena adanya pandemi. Sehingga, sertifikat yang didapatkan pun dalam bentuk soft file. Maka dari itu, kamu perlu untuk mencetaknya sendiri. Sebelumnya, kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis kertas untuk sertifikat.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan kualitas kertas terbaik dan sertifikat pun akan jadi lebih awet dan tahan lama. Nah, biasanya, untuk sertifikat sendiri dicetak dengan kertas sertifikat A4 polos. 

Jika ukuran kertas untuk sertifikat sudah ditentukan, sekarang kamu cari tahu terlebih dahulu apa saja jenis-jenisnya!

Jenis Kertas Untuk Sertifikat

kertas untuk sertifikat

1. Kertas Concorde

Jenis kertas yang satu ini mempunyai tekstur yang kasar dan agak besar. Hal ini dikarenakan permukaan yang timbul laiknya gelombang. Ada beberapa varian warna kertas concorde yang bisa kamu temui. Seperti varian pink, green, cream, dark blue, light blue, red, golden yellow, dan sebagainya.

Untuk ketebalannya sendiri mulai dari 160 gsm hingga 250 gsm. Selain digunakan untuk mencetak sertifikat, kertas ini juga bisa dipakai untuk paper bag, amplop, kartu nama, piagam, proposal, dan masih banyak lagi. 

2. Kertas Ivory

Kertas ivory ini hampir serupa dengan art cartoon atau art paper. Hanya saja, pada jenis kertas ini mempunyai warna sedikit lebih buram. Selain itu, kertas ivory juga memiliki satu permukaan saja yang teksturnya licin.

Nah, yang paling menarik adalah adanya sisi glossy dan juga doff. Ketebalannya sendiri sekitar 210 gsm hingga 310 gsm. Uniknya lagi, kertas ivory ini telah mengantongi sertifikat food grade yang artinya cocok untuk packaging makanan.

Selain itu, kertas juga dapat digunakan pada kebutuhan cetak sertifikat, paper bag, buku agenda, dan sebagainya. Pastinya, memiliki kualitas yang bagus dan cukup awet.

3. Kertas Blues White Carton

kertas untuk sertifikat

Kertas untuk sertifikat yang selanjutnya adalah Blues White Carton. Jenis kertas yang satu ini juga mempunyai beragam varian warna. Teksturnya cukup halus dan ketebalannya sekitar 160 hingga 250 gsm. 

Banyak perusahaan percetakan yang menggunakan kertas Blues White Carton untuk sertifikat karena harganya yang cenderung lebih rendah, tetapi kualitasnya bagus. Namun, sayangnya, kertas ini tidak dapat di-laminating.

Kegunaan kertas BWC ini tidak hanya untuk sertifikat, melainkan juga untuk booklet, kartu stok barang, makalah, undangan, kalender, dan sebagainya.

4. Kertas Art Carton

Warna dasar dari kertas yang satu ini adalah putih. Teksturnya sendiri adalah halus, licin, serta mengkilap. Ketebalannya dimulai dengan angka 85 gsm sampai yang paling tebal adalah 310 gsm. Untuk pencetakannya sendiri bisa dilaminasi glossy ataupun doff

Penggunaan kertas Art Carton ini beragam, mulai dari kertas untuk sertifikat, company profile, artbook, photocard, poster, kartu nama, brosur, dan masih banyak lagi.

5. Kertas Jasmine

Mengutip dari penjelasan jurnaltekno.id untuk ukuran kertas yang bisa digunakan sebagai sertifikat adalah Jasmine. Varian warnanya sangat beragam dengan tekstur yang kerlap-kerlip atau memiliki efek glitter. Jika kamu memilih kertas ini, maka sertifikat akan semakin elegan dan cantik. Pun, lebih awet.

Kertas jasmine juga bisa dipakai untuk mencetak kartu nama, kartu undangan, amplop, paper bag, dan masih banyak lagi. Namun, soal harga, kertas jasmine ini cukup tinggi. Pasalnya, mempunyai kualitas yang tinggi dan premium. Bahkan, bisa dibilang mewah.

6. Kertas Linen Jepang

Terakhir, ada kertas Linen Jepang yang mempunyai tekstur permukaan cenderung kasar. Pun, mempunyai tekstur yang bergaris laiknya tanda pagar. Bahkan, banyak yang menganggap bahwa kertas ini mempunyai tekstur laiknya kain.

Berat kertas sekitar 250 gram dan ada juga yang lebih tipis tetapi cukup sulit ditemukan. Kertas ini lebih sering dipakai pada sertifikat yang diberi tanda tangan manual. Sebab, kertas cenderung cepat untuk menyerap tinta bolpoin. Teksturnya yang cukup menarik juga membuat kertas ini cocok untuk kartu nama serta photobook.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai kertas untuk sertifikat. Dengan begitu, kamu akan menemukan kertas yang cocok dan berkualitas tinggi. Selamat mencoba!

Leave a Comment