Apa itu Fitur Inbox Facebook? Milenial Wajib Tahu!

Kamu pasti pernah melihat di kolom komentar Facebook pesan berisi “Inbox gan” yang biasanya berkaitan dengan sesuatu yang privat, entah itu hal mengenai tarif layanan jasa, informasi teknis seperti penjelasan tertentu dan sebagainya.

Jadi, tidak harus seputar jual beli saja. Meskipun penerapan istilah ini memang lebih mudah dijumpai pada grup marketplace alias jual beli barang.

Namun, sebenarnya apa sih arti dari istilah inbox di Facebook?

Dilansir dari Wantek.ID, Inbox adalah salah satu fitur pada media sosial Facebook yang memungkinkan pengguna untuk melakukan percakapan/chat secara privat dengan orang tertentu yang mereka inginkan.

Secara simpel, kamu juga bisa memahami bahwa tujuan dilakukannya inbox adalah untuk menyampaikan suatu informasi yang terhitung penting, namun tidak disampaikan secara publik.

Singkat cerita kalau kamu enggak melakukan inbox maka tidak akan tahu isi dari informasi tersebut.

Apa Saja Jenis-Jenis Inbox Di Facebook?

Ternyata ada setidaknya dua jenis inbox di Facebook yang mungkin belum kamu sadari. Nah,daripada semakin penasaran, berikut informasi yang sudah kami siapkan untuk menambah pemahaman kamu seputar fitur inbox di Facebook.

1. Inbox Messenger Biasa

Saling mengirimkan pesan singkat dengan satu atau beberapa orang adalah jenis inbox yang pertama. Disini pengguna hanya menggunakan fitur inbox untuk sekadar memberikan berbagai informasi dan saling memberi kabar ke teman-teman, saudara, atau rekan kerja.

Contoh dalam percakapan di kolom komentar:

User 1: Maaf,mas kira-kira boleh minta tips dan tutorial seputar SEO?

User 2: Inbox saja gan

User 1:Oke, saya inbox ya

Metode ini dinilai lebih aman untuk membahas hal penting daripada menggunakan fitur kolom komentar. Karena, orang lain tidak akan tahu apa yang kamu diskusikan, mirip sistem pesan terenkripsi secara end-to-end seperti aplikasi Whatsapp.

2. Inbox Marketplace

Masih membahas hal yang bersifat private, namun kali ini ada kaitannya dengan sistem jual beli. Fitur inbox biasa dijadikan andalan para pembeli atau penjual untuk mendiskusikan hal-hal secara spesifik saat melakukan kegiatan jual beli seperti berikut ini:

  • Inbox harga, ada beberapa penjual yang tidak menampilkan harga barang dagangannya secara langsung, ia menyuruh siapa pun yang minat tinggal inbox saja (biasanya karena barang tersebut tergolong langka atau sangat mahal, ambil contoh: komponen VGA komputer).
  • Inbox nego harga, selanjutnya berkaitan dengan tawar menawar. Kalau ini sering terjadi, para penjual terkadang menginformasikan bahwa kemungkinan harga barang bisa lebih murah syaratnya melalui negosiasi via inbox agar tidak terkena spam di kolom komentar, dan pastinya lebih privat.
  • Tindak lanjut COD, sistem andalan para pengguna marketplace Facebook ini perlu komunikasi khusus antara penjual dan pembeli. Nah, untuk lebih mudah biasanya fitur inbox jadi opsi yang paling tepat, mereka bisa menentukan lokasi bertemu, menjelaskan alamat dan sebagainya.

Baca Juga: Perbandingan JPG dan JPEG

Cara Melihat Inbox Masuk Di Facebook

Ada setidaknya dua cara untuk mengecek apakah kamu menerima inbox di Facebook, yakni menggunakan dua perangkat berbeda baik itu HP atau PC. Berikut caranya:

1. Melalui PC

Cara cek inbox di PC cukup mudah, kamu hanya harus mengikuti beberapa tahapan simpel seperti ini:

  • Buka laman media sosial “Facebook” ketik saja di google pasti muncul di bagian paling atas
  • Login pakai akun kamu, lalu tunggu sampai di beranda
  • Fokus, perhatikan logo yang menyerupai balon chat dengan tanda petir (sebenarnya ini logo FB Mesengger) apabila ada inbox masuk maka akan ada tanda berwarna merah semacam bulatan kecil dengan angka yang menunjukan jumlah inbox masuk ke akun kamu.
  • Tinggal klik saja logo Mesengger-nya, nanti seluruh inbox dari pengguna lain akan ada di bagian teratas dalam list, dan terkadang diberi tulisan tebal untuk menandakan kamu belum membuka pesan tersebut.

2. Melalui HP

Oke, itu tadi buat PC. Nah, cara yang satu ini bisa dicoba untuk HP, berikut informasinya:

  • Buka Aplikasi Facebook
  • Perhatikan logo Mesengger, apabila ada inbox pasti akan ditandai dengan bulatan merah dengan angka yang menunjukan jumlah inbox di akun Facebook kamu (konsepnya mirip dengan yang ada di PC)
  • Klik logonya, nanti pesan-pesan masuk akan muncul di bagian paling atas, kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu.

CATATAN: Kamu bisa juga mendownload aplikasi Mesengger secara langsung yang dikhususkan untuk menerima inbox/pesan. Itu akan membuat prosesnya menjadi lebih mudah, tampilan Mesengger hampir sama seperti Whatsapp.

Oh iya hampir lupa, kamu juga bisa mengecek permintaan inbox (jadi, bisa menyeleksi apakah itu permintaan dari orang yang kamu kenal atau bukan). Berikut caranya:

  • Buka Mesengger
  • Klik logo dengan tulisan “people” atau “orang” letaknya ada di pojok kanan bawah
  • Disitu akan muncul tulisan “permintaan pertemanan” alias “message request”
  • Kamu bisa mengecek apakah baru-baru ini ada pengguna yang berstatus “bukan teman” yang mengirimkan inbox atau tidak.

Itu khusus untuk aplikasi mesengger, sedangkan untuk versi web-nya seperti ini:

  • Buka laman Facebook
  • Klik logo petir mesengger
  • Lalu disitu akan muncul “permintaan pesan baru” atau dalam bahasa inggris adalah “new messege request”

Sebagai informasi tambahan, kamu bisa mengecek pesan spam yang dikirimkan oleh orang lain. Jumlah indikator angka bisa membuat kamu paham apakah itu pesan dari orang penting atau hanya sekadar spam saja.

Apabila mereka mengirimkan pesan inbox secara beruntun dan isinya tidak berguna kamu bisa dengan mudah mengklik “decline” alias “tolak”

Oke, sekian dulu informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa share ke teman kamu ya.

Leave a Comment